Naskah Teks Pidato tentang Ibu yang Menyentuh Hati


Mendengarkan ceramah tentang Ibu adalah sebuah suasana yang sangat mengharukan jika yang menyampaikannya dengan hati dan penuh penghayatan. Bahkan tak jarang banyak orang dibikin menangis ketika mendengarkan ceramah tentang seorang Ibu. Bagi seorang anak, Ibu adalah seorang yang sangat istimewa. Ibu mangasuh dan merawat anak dengan tulus ikhlas tanpa mengharap imbalan apapun dari anaknya. 


Bahkan tentang Ibu, banyak sudah lagu-lagu yang mengulas tantang Ibu. Mulai dari Iwan Fals, Erie Suzan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika kita mendengarkan lagu-lagu ini, kita tersadar betapa begitu besar pengorbanan dan kasih sayang ibu kepada anaknya. Bahkan banyak orang menangis mendengarkan lagu ini karena seakan-akan mewakili suara hatinya.
Ada juga lagu lama yang populer sampai sekarang. Lagu tersebut selalu diajarkan oleh guru, orang tua dan dinyanyikan oleh anak-anak baik di rumah maupun di sekolah-sekolah. Tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan lirik lagu ini.
Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia.
Pidato tentang Ibu juga bisa membuat hati kita tersentuh. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh naskah/teks pidato tentang seorang ibu. Untuk anda yang saat ini sedang mencari naskah teks pidato tentang ibu, yang barangkali akan anda gunakan untuk menyambut peringatan hari ibu atau untuk menggambarkan sosok ibu dalam berbagai macam acara yang berkaitan dengan jasa seorang ibu, maka disini kami berikan contoh naskah pidato/ceramah tentang ibu ditinjau secara Islam. Dan inilah contoh naskah pidatonya.




 


Contoh Teks Pidato Tentang Ibu

Assalamualaikum.wr. wb.
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah beserta Bapak dan Ibu Guru, dan teman-teman yang saya sayangi serta saya banggakan. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufiq, hidayah, serta inaya-Nya, sehingga kita dapat  berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat beserta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW, yang kita nantikan syafaatnya kelak di yaumil akhir.
Ibu, ialah lambang cinta abadi, pengorbanannya hakiki, dan pribadi utusan Ilahi di muka bumi.
Namun dibalik mulianya seorang Ibu, keberadaan seorang Ibu terkadang tidak dimuliakan bagi sebagian orang. Bukankah kita pernah mendengar kisah malin kundang, yang dikutuk Ibunya menjadi batu karena kedurhakaannya terhadap Ibunya sendiri? Banyak pelajaran penting yang bisa kita petik dari kisah tersebut, akan perlunya berbakti dan taat kepada seorang Ibu.
Meskipun pada zaman modern ini tidak ada anak yang dikutuk menjadi batu seperti halnya kisah malin kundang tersebut, akan tetapi  sifat kedurhakaan terhadap Ibu yang dimiliki malin kundang masih diwarisi oleh beberapa anak di era modern ini. Apabila kita melihat dan mengamati di sekelilling kita, bukankah di sana masih terdapat pula anak yang berkata dan bertindak kasar, melakukan perilaku buruk, bahkan mendurhakai Ibunya sendiri. Padahal darinyalah kita dilahirkan ke dunia ini.
Allah berfirman dalam QS. Luqman: 14, yang berbunyi:

وَوَصَّيْنَاالإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَي وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْلِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ المَصِيْرُ
Artinya: “Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang Ibu-Bapaknya, Ibu telah menngandunngnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang Ibu Bapakmu, hanya kepada-Ku lah tempat kembalimu”. (QS. Luqman, 31:14)
Ingat lah bahwa Ibu adalah sosok mulia yang telah melaksanakan 3M untuk kita, yaitu mengandung, melahirkan, dan menyusui. Bahkan lebih dari itu, Ibu ialah orang yang dengan ketulusannya telah merawat kita dari kecil hingga tumbuh dewasa tanpa mengharap sepeserpun imbalan. dengan begitu besarnya pengorbanan seorang Ibu, maka sudah sepantasnya lah kita berbuat baik, berbakti, serta menyayanginya.
Dahulu ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah:
“Ya Rasulullah, siapa yang paling berhak memperoleh pelayanan dan persahabatanku?”
Kemudian, Rasulullah menjawab:
“Ibumu, Ibumu, Ibumu, kemudaian Ayahmu dan yang lebih dekat denganmu dan yang lebih dekat denganmu.” Dari sinilah kita sudah selayaknya tahu, betapa tinggi dan mulianya keberadaan ibu dalam kehidupan kita.
Di antara keajaiban syari’at Islam ialah dimana Islam memerintahkan kita berbuat baik kepada Ibu, meski ia musyrik sekalipun. Sebagaimana yang ditanyakan oleh Asma’ binti Abu Bakar kepada Nabi SAW tentang hubungannya dengan Ibunya yang musyrik. Maka Rasulullah bersabda, “Ya, tetaplah kamu menyambung silaturahmi dengan Ibumu.” (HR. Muttafaqun ‘Alaih).
Teman-teman yanng dirahmati Allah,
keberadaan Ibu yang telah diperhatikan oleh Islam dengan diberikannya hak-hak, maka ia juga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan dan kemuliaan serta menjauhkan mereka dari kerendahan. Membiasakan mereka untuk taat kepada Allah Swt dengan menjalankan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya.
Oleh karena itu, terdapat beberapa kewajiban kita terhadap orang tua:
  1. Taat dan berbakti kepada orang tua.
  2. Mendo’akan kedua orang tua.
  3. Menjaga ucapan kita agar berbicara dan berbuat baik kepada orang tua.
Demikian beberapa pedoman kita untuk berbuat baik terhadap orang tua terutama Ibu. Semoga Ibu, Ayah, maupun saudara-saudara kita, bersaudara dalam keimanan dan ketakwaan, sehingga dipertemukan kembali di surga Allah atas keridhloan-nya. Amin amin ya robbal ‘aalamin.
Jadi, sebagai seorang anak hendaklah kita berbakti terhadap orang tua, terutama Ibu. Dimana keridhaan Ibu adalah ridha Allah, dan kemurkaan seorang Ibu adalah kemurkaan Allah pula.
Sebelum saya mengakhiri pidato saya, marilah bersama-sama kita berdoa untuk kedua orang tua kita:
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
Aamin……
Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika terdapat tutur kata atau tingkah laku yang kurang berkenan di hati Bapak Fahrur Rozi maupun teman-teman. Kesempurnaan hanyalah milik Allah semata dan saya hanyalah manusia yang tak luput dari salah dan dosa.
Walssalamualaikam Wr.Wb.
Sumber: http://sofianamita99.blogspot.co.id/2014/12/pidato-islam-tentang-ibu.html

Demikian contoh teks pidato tentang ibu. Untuk membuat pidato tentang ibu yang menarik dan menyentuh, maka seseorang harus betul-betul mengenal ibunya. Tak perlu banyak teori yang tinggi-tinggi, cukup dengan menceritakan perjuangan ibunya sendiri dalam mengurus anak-anaknya secara sederhana, jelas akan menarik perhatian yang sangat menyentuh hati dan bisa membuat banyak orang menangis jika disampaikan dengan ikhlas penuh penghayatan. Semoga membantu..