Inilah Bacaan Takbiran di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha yang Benar


Ilustrasi Galeri Google

Bacaan Takbiran - Bagaimana sih cara pengucapan atau lafal bacaan takbiran yang benar? Adakah contoh tulisan takbiran berbahasa Arab, Latin dan terjemahannya dan MP3 yang dapat di download? Apakah beda bacaan takbiran ketika Idul Fitri dan
Idul Adha ?

Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan kemarin, akhirnya sekarang kita dipertemukan dengan malam takbir menjelang hari raya Idul Fitri esok hari tanggal 1 Syawal 1439 H.
Sebenarnya ada dua jenis takbiran, yaitu secara singkat atau secara umum adalah takbiran yang sering kita ucapkan, dan bacaan takbiran yang terlengkap. Pada hakikatnya semua sama saja, tergantung dari kita pribadi ingin menggunakan yang mana. Bacaan takbir yang pendek maupun bacaan takbir yang panjang dan lengkap memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Sama halnya dengan bacaan tasbih dan
bacaan tahmid , bacaan takbir adalah sebagain dari dzikir. Karena dengan bertakbir itu seseorang akan ingat kepada keagungan Allah SWT Sang Pencipta. Oleh karena itu tidak ada larangan dalam bertakbir selama masih dalam batas kewajaran.

Hayo masih ingat gak bagaimana bacaan takbiran yang biasa didengungkan setiap malam jelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha ? Jika lupa, langsung saja melihat dibawah ini ya:


ﺍﻟﻠﻪُ ﺃﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃﻛْﺒَﺮُ، ﻻ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭﺍﻟﻠﻪُ ﺃﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃﻛْﺒَﺮُ ﻭَِﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺤَﻤْﺪُ


"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"

Artinya dalam bahasa Indonesia:
"Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah"

Nah untuk yang lafadz takbiran versi terlengkap, dapat melihat tulisan arab, bahasa latin dan arti selengkapnya dalam bahasa Indonesia di bawah ini.


ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮ ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ـ ﻵﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ـ ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ﻭَﻟِﻠَﻪِ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ


ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ﻛَﺒِﻴْﺮًﺍ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﻛَﺜِﻴْﺮًﺍ ﻭَﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑُﻜْﺮَﺓً ﻭَﺍَﺻِﻴْﻼً ـ ﻵ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﻻَﻧَﻌْﺒُﺪُ ﺍَﻻَّ ﺍِﻳَّﺎﻩُ ﻣُﺨْﻠِﺼِﻴْﻦَ ﻟَﻪُ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦَ ﻭَﻟَﻮْﻛَﺮِﻩَ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮُﻭْﻥَ ﻵﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﺻَﺪَﻕَ ﻭَﻋْـﺪَﻩُ ﻭَﻧَﺼَﺮَﻋَﺒِﺪَﻩُ ﻭَﺍَﻋَﺰَّ ﺟُﻨْﺪَﻩُ ﻭَﻫَﺰَﻡَ ﺍﻟْﺄَﺣْﺰَﺍﺏَ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻵ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠَّﻪُ . ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ ﻭَﻟِﻠَﻪِ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ

Tulisan takbiran berbahasa latin:
Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar
Allaahu akbar walillaahil hamd

Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa
wasubhaanallaahi bukrataw wa ashillaa
Laa ilaaha illallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu
Mukhlishiina lahuddiin walau karihal kaafiruun, walau karihal munafiqun, walau karihal musyrikun
Laa ilaaha illallaahu wahdah, shadaqa wa'dah, wanashara 'abdah, wa a'azza jundah, wahazamal ahzaaba wahdah

Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar
Allaahu akbar walillaahil hamd

Artinya bacaan takbiran:
Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar.
Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan Allah Mahabesar.
Allah Mahabesar dan segala puji hanya bagi Allah
Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar
Allah maha besar dengan segala kebesaran,
Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya,
Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore.
Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya.
Tiada Tuhan selain Allah dengan ke Esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan ke Esaan-Nya.
Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.


Anjuran memperbanyak takbir ini sepadan dengan imbalan yang dijanjikan karena sabda Rasulullah SAW:

ﺍﻛﺜﺮﻭﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻌﻴﺪﻳﻦ ﻓﺎﻧﻬﻢ ﻳﻬﺪﻡ ﺍﻟﺬﻧﻮﺏ ﻫﺪﻣﺎ

Perbanyaklah membaca takbiran pada malam hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) karena hal itu dapat melebur dosa-dosa.

Dari berbagai dalil di atas para faqih menghukumi pembacaan takbir sebagai sebuah kesunnatan. Sebagaimana yang ditrangkan dalam kitab Fathul Qarib


ﻭﻳﻜﺒﺮ ﻧﺪﺑﺎ ﻛﻞ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﻭﺍﻧﺜﻰ ﻭﺣﺎﺿﺮ ﻭﻣﺴﺎﻓﺮ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﻨﺎﺯﻝ ﻭﺍﻟﻄﺮﻕ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻭﺍﻻﺳﻮﺍﻕ ﻣﻦ ﻏﺮﻭﺏ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻌﻴﺪ ‏( ﺍﻱ ﻋﻴﺪ ﺍﻟﻔﻄﺮ ‏) ﺍﻟﻰ ﺍﻥ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﻓﻰ ﺍﻟﺼﻼﺓ

Disunnahkan membaca takbir bagi lagi-laki dan perempuan, di rumah maupun di perjalanan, di mana saja, di jalanan, di masjid juga di pasar-pasar mulai dari terbenarmnya matahari malam Idul Fitri hingga Imam melakukan shalat ied.


Demikian bacaan Takbiran di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha secara lengkap. Semoga bacaan takbiran Idul Fitri dan Adha yang dilengkapi dengan artinya diatas dapat dilantunkan dan dilafadzkan minimal setiap tahun dua kali yaitu saat hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Semoga artikel tentang takbiran Idul Fitri dan Idul Adha ini bermanfaat bagi kita semua. Amiiin.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA