Inilah Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat



Rasulullah sangat sayang kepada umatnya. Rasulullah telah memberikan banyak sekali wasiat kepada umatnya agar hidup selamat, bahagia dunia dan akhirat.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyebutkan tiga wasiat agar hidup selamat dunia akhirat. 

Pertama, bertakwallah kepada Allah di mana pun kamu berada, kapan pun dan dalam keadaan bagaimanapun.

Wasiat kedua, ikutilah perbuatan burukmu dengan perbuatan baik, agar perbuatan burukmu di masa lalu akan dihapus. 

Kita sadari bahwa tidak ada seorangpun yang tidak pernah melakukan salah dalam hidupnya. Setiap manusia pasti pernah melakukan perbuatan salah dan dosa. Bahkan perbuatan buruk kita lebih banyak daripada perbuatan baik. Untuk itu, Rasulullah mengajarkan kepada kita, ikutilah perbuatan buruk tersebut dengan melakukan berbagai perbuatan baik.

Wasiat ketiga, berinteraksilah dengan orang lain dengan akhlak yang mulia. 

Akhlak yang mulia adalah mata uang yang berlaku di mana-mana. Dan kalau ketiga wasiat Rasulullah SAW ini kita laksanakan, insya Allah hidup kita selamat di dunia dan di akhirat.


Selain melaksanakan tiga wasiat berharga di atas, tentunya kita juga tetap harus selalu berdoa. Memohon kepada Allah agar hidup kita selamat dunia dan akhirat.





Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu dengan membaca doa selamat berikut.

 اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Allaahumma innaa nas'aluka salaamatan fid¬diini wa `aafiyatan fil-jasadi wa ziyaadatan fil¬`ilmi wa barakatan fir-rizqi wa taubatan qab¬lal-mauti wa rahmatan `indal-mauti wa magh¬firatam ba'dal-maut. Allaahumma hawwin `alainaa fii sakaraatil-mauti wan-najaata mi¬nan-naari wal-`afwa `indal-hisaab. Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba`da idz hadaitanaa wa hablanaa mil ladunka rahmatan innaka antal¬wahhaab. Rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa ha¬sanataw wa rd-aakhirati hasanataw wa qinaa `adzaaban-naar.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya kami memohon ke¬pada-Mu akan keselamatan dalam agama, ke-sehatan dalam tubuh, bertambah dalam ilmu, ke¬berkahan dalam rezeki, taubat sebelum mati, rah¬mat ketika mati dan ampunan sesudah mati. Wa¬hai Allah, ringankanlah kami ketika sakaratul maut, selamat dari neraka, dan mendapat kemaaf¬an ketika perhitungan amal. Wahai Allah, jangan¬lah Engkau selewengkan hati kami setelah Engkau menunjukkan kami, berilah kami-rahmat dari sisi¬Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Selain doa di atas masih ada lagi doa selamat dunia dan akhirat atau yang biasa dikenal dengan Doa Sapu Jagad.
Doa ini adalah doa untuk memohon keselamatan dan kebaikan dunia dan akhirat. 

Dan berikut ini bacaan doa selamat dunia dan akhirat (Doa Sapu Jagad).

رَبَّنَااَتِنَافِ الدُّنْيَا حَسَنَةًوَفِ اْلاَحِرَةِحَسَنَةًوَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Raabbanaa aatina fid-dunyaa hasanatan wa fil-aakhirati hasanatan wa qinaa 'adzaaban-naar

Artinya : Ya Allah, ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka


Demikianlah doa selamat dunia dan akhirat yang mudah-mudahan dapat selalu kita amalkan dalam setiap kita berdoa, terutama kita lakukan setelah shalat fardu.